Posted in NHW

NHW vol. 1 : Ilmu Kecakapan Hidup 

​Menjadi seorang Ibu tentunya harus memiliki misi dalam hidupnya terutama guna mencetak generasi yang lebih baik, mendapat amanah dari Allah dua anak laki-laki sekaligus tentu menjadi tantangan tersendiri bagi Ibu seperti saya, apapun yang Allah berikan tentu memberikan hikmah tersendiri. Sekarang adalah waktu yang tepat untuk memetakan kembali kehidupan untuk masa depan mereka secara sistematis. Beruntung sekali ada program Martikulasi, dimana menjadi wadah untuk Ibu mengembangkan dirinya sekaligus bisa memetakan misi dan visi lebih teratur dan terekam dengan baik melalui tugas NHW ini.

Sebuah ilmu kehidupan yang ingin saya kembangkan dan pelajari bersama anak-anak lelaki saya adalah ilmu kecakapan hidup. Tujuan terpilihnya Ilmu kecakapan hidup untuk ditekuni guna mempersiapkan diri atau seseorang agar dapat bertahan hidup disegala keadaan dengan tetap berpegang teguh iman, sebagai mana untuk pengingat tugas utama manusia adalah beribadah. Dengan memahaminya maka segala cobaan entah itu berupa kenikmatan ataupun kesusahan dapat dilewati dengan cara sendiri untuk bertahan. Dengan menguasai ilmu tersebut diharapkan dapat menjadi pribadi yang siap dan cakap. 

Adapun strategi untuk mendalami ilmu kecakapan hidup saya rangkum dalam 5 nilai inti. Apa sajakah? Ini dia 5 nilai inti kecakapan hidup versi saya.

  1. Iman dan Tauhid
  2. Adaptasi
  3. Mandiri
  4. Terampil
  5. Seni bertahan hidup

1. Iman dan Tauhid 

Sebagai pedoman dalam kehidupan agar tetap bertakwa kepada Allah azza wa jalla sebagai pencipta kehidupan dan tidak ada yang layak disembah selain Allah. Menjadikan Al Quran dan Sunnah sebagai manual book. Hal tersebut akan menjadi sebuah bekal utama untuk mengarungi kehidupan dengan iman yang kokoh dan mental yang siap menghadapi cobaan.

2. Adaptasi

Dengan beradaptasi, hal tersebut memudahkan dalam kegiatan berpindah tempat, mengenal cepat lingkungan baru maupun asing dimana pun keberadaannya, dengan cara observasi terlebih dahulu agar proses adaptasi berjalan baik kemudian siap menghadapi tantangan di tempat baru maupun asing. Kunci adaptasi berhasil yaitu, membuat nyaman diri kita terlebih dahulu di tempat baru dan selalu berpikir positif jika Allah akan selalu melindungi mahklukNya.

3. Mandiri

Dapat bertanggung jawab pada diri sendiri mulai dari hal remeh temeh hingga yang berat sekalipun. Memulai kemandirian tersebut sejak dini dengan memberikan tugas harian sederhana untuk dikerjakan sehingga kelak terbiasa dengan tanggung jawab atas diri sendiri tanpa menyusahkan orang lain.

4. Terampil

Tanpa memandang gender, laki-laki ataupun perempuan harus menguasai keterampilan dasar rumah (chore), pertukangan, bercocok tanam, memasak, menjahit, merawat anggota keluarga, dan lainnya, agar kedepannya bisa membantu satu sama lain dalam kehidupan rumah tangga ataupun menjadi modal untuk usaha.

5. Seni Bertahan Hidup

Menjadi bekal tambahan yang bisa diaplikasikan dalam keadaan darurat seperti kecelakaan, bencana alam maupun peperangan. Seni bertahan hidup antara lain menguasai teknik bela diri, menembak, memanah, berenang, seni berpindah tempat/l’art du deplacement, Resusitasi Jantung Paru/CPR, dan sebagainya agar tidak panik, cakap dalam menghadapi keadaan darurat sehingga berguna bagi masyarakat yang membutuhkan.

Terinspirasi dari tempat dimana saya pernah bekerja, dimana tempat tersebut mengajarkan kita nilai-nilai kehidupan, maka jadilan 5 nilai inti, tentu hasil buah pemikiran saya berdasarkan pengalaman hidup saya semenjak kecil hingga merantau, berkehidupan rumah tangga, dan cita-cita saya dalam mempersiapkan masa depan anak-anak saya untuk menjadi pribadi yang siap, cakap dan dapat melewati tantangan dengan cara mereka sendiri.  Semoga dengan adanya 5 nilai inti kecakapan hidup bisa membantu saya mendidik kedua anak laki-laki saya untuk selalu siap disegala medan. Tentunya dengan terus bermuhasabah diri dan memperbaiki pribadi saya. Agar ilmu tersebut tercapai saya terus berusaha mengasah diri dan kemampuan yang saya miliki, tidak lupa untuk lebih disiplin dalam beribadah agar menjadi contoh bagi anak-anak. 

Pekalongan, 18 Oktober 2016 
Pujiati

Martikulasi batch 2 kelas SSJP

One thought on “NHW vol. 1 : Ilmu Kecakapan Hidup 

Leave a Reply

