Posted in NHW

NHW vol. 7 : Tahapan Menjadi Bunda Produktif

Bismillahirrahmanirahim, 

Kali ini sudah memasuki pembelajaran ketujuh, yaitu tahapan menjadi Bunda Produktif. Di tahapan ini kita diminta untuk meraba kembali bakat yang ada melalu sebuah test di sebuah situs Temu Bakat. Dan ini adalah hasil test saya. 

Hasil tes yang saya lakukan memang sesuai sekali dengan saya, namun itu keadaan saya di masa lalu, saat saya masih bersekolah hingga berkarir menjadi seorang broadcaster di sebuah radio. Saat bersekolah pun dulu saya aktif berorganisasi, sampai sebelum menikah pun saya masih suka kegiatan yang berhubungan bertemu orang banyak dan berbicara di depan orang. 

Kemudian yang ada membuat saya menjadi dilema dan kehilangan diri saya di masa sekarang. Karena bingung untuk mengimplementasikannya di tahapan Bunda Produktif. Karena saat ini saya hanyalah seorang Ibu Rumah Tangga yang sedang fokus memperbaiki diri dan mencari cara tepat mendidik dan menyayangi anak. Hingga akhirnya saya memang harus aktif kembali menjadi diri saya entah bagaimana caranya. Memang memasuki dunia pernikahan terjadi perubahan yang mencolok pada diri saya. 

Adapun kegiatan-kegiatan keseharian yang saya rangkum dalam kuadran mungkin sedikit lebih membantu saya menemukan kembali “bakat” baru untuk menuntun saya di dunia Bunda Produktif. 

Hal yang menjadi kelemahan saya adalah melakukan pembukuan dan pemasaran/penjualan. Saya tidak berbakat. Terbukti dari beberapa kali saya mencoba jualan gagal. Tetapi saya suka sekali membuat sesuatu yang berhubungan dengan kesenian, seperti merajut, cross stitch, scrapping, menjahit walau masih belajar banget, needle felt, dan lainnya, mungkin yang menjadi kendala untuk melancarkan usaha saya adalah dukungan suami. Yang entah kenapa hal ini selalu berbanding terbalik. Karena perbedaan kami yang mencolok. Jadi saya menempuh jalur geriliya. Dan untuk kegiatan yang tidak bisa namun saya suka, pelan-pelan saya juga mempelajarinya untuk mendukung jalannya jenis produktifitas yang ingin saya tekuni. Dan dalam kuadran kegiatan yang saya bisa namun tidak suka pelan-pelan juga saya harus membiasakan diri. Dan cita-cita saya saat ini ingin mengembangkan usaha dibidang seni yang saya tekuni. Walaupun saat ini belum bisa memaksimalkan produktifitas saya, saya senang karena bisa mulai teratur menjalani hidup dan merawat anak-anak saya saat ini. Dengan ada kesempatan waktu, itu merupakan rejeki lebih saya untuk menekuni hal yang saya minati. Semoga saja kelak dapat menyelaraskan semuanya. Menjadi istri, ibu dan menjadi diri sendiri ketika berkarya. 

Leave a Reply

