Posted in NHW

NHW vol.9 : Bunda Sebagai Agen Perubahan

Bismillahirrahmanirahim, 

Menjelang tugas akhir, ceileh kayek anak kuliahan aja. Kali ini sudah memasuki ranah Bunda sebagai agen perubahan. Dimana kita sebagai Ibu harus bisa menjalankan misi spesifik hidup ke arah yang lebih bermanfaat lagi. Dengan rumus PASSION + EMPATHY = SOCIAL  VENTURE. Wah ini merupakan hal yang sangat mulia jika dapat dilakukan. Social Venture itu sendiri adalah sebuah usaha yang didirikan seorang social entrepreneur baik secara individu ataupun organisasi yang bertujuan memberikan solusi sistemik untuk mencapai tujuan sosial yang berkelanjutan. 

Memiliki kegemaran merajut. Dan menjadi hal yang ingin saya tekuni saat ini selain menjadi Ibu Rumah Tangga, semoga hal ini menjadi jalan pembuka untuk mengembangkannya ke hal yang lebih bermanfaat lagi. Semoga tujuan sosial yang berkelanjutan ini bisa menjadi jembatan untuk masyarakat yang ingin memiliki skill khusus untuk dijadikan sebagai mata pencahariannya dan mengurangi pengganguran di masyarakat. 

Terlebih mereka yang ingin tetap produktif di usia senja. Terkadang keinginan untuk tetap aktif di usia senja pasti dimiliki sebagian besar lansia. Sebagai contoh, lansia di Singapura, masih giat bekerja menjadi waitress, cleaning service, dan lainnya. Pastinya lansia di Indonsesia pun sama ingin terus aktif. Dengan merajut bisa menjadi alternatif bagi mereka yang menyukai kegiatan ini. Lalu sebagai masyarakat muda produktif, tentunya bisa membantu memasarkan hasil karya dari para lansia. Alhamdulillah saat ini saya mulai aktif dalam komunitas merajut untuk kota Pekalongan sendiri. Semoga bisa bersama-sama mencari solusi sistemik untuk isu sosial yang ada. Dan bisa mengembangkan skill merajut agar mampu bersaing di pasar. Dan dengan adanya keinginan pribadi saya untuk membuat pelatihan merajut semoga bisa berbaur dengan komunitas.

Dan tentu semua akan bisa berjalan jika saya telah menuntaskan permasalahan saya di dunia rumah tangga. Karena biar bagaimanapun semua tak akan berjalan jika PR dari dalam “rumah” belumlah tuntas. Saya masih memiliki beberapa “PR” yang harus saya selesaikan. Antaranya mendidik anak saya. Dengan saya bisa mempraktekkan mendidik anak. Saya yakin kedepannya bisa membantu mendidik banyak orang. 

Leave a Reply

