Posted in Bunda Sayang, Challenge, IIP, Komunikasi Produktif

#Tantangan10hari level 1: Komunikasi Produktif day 10 final

Yay. Finally last day. A lot of things i got from this challenge. Especially about communication. Okay, untuk tantangan terakhir ini adalah tentang anak saya yang pertama. Yang sedang tumbuh menjadi anak kreatif. 

Sejak pertumbuhannya diusia 2.5 tahun ini memang banyak perubahan. Salah satunya makin bawel, seperti apa yang telah diprediksikan Ibu saya. Anak ini bakal bawel dan diusia ini mulai nalar. Alhamdulillah saya dikaruaniai anak yang bawel. Karena bakat saya berarti turun ke anak. Anak saya ini mulai kritis dan rasa ingin tahunya tinggi seperti anak-anak kebanyakan diusia dia. 

Sewaktu bermain saya sering bertanya kepada dia. Dan dalam sebuah perjalanan Ayah baru menyadari betapa “bawel”nya dia. “Kok, sekarang anak kita makin pinter nanya sih? Belajar dimana?” begitu kagetnya Ayah. Memang benar semakin sering kita berkomunikasi dengan anak, semakin cepat dia meniru. Sore tadi saya berbicara dengan anak saya seputar makan. “Nak, ngga bagus makan sambil lompat-lompat, nanti kesedak, bisa muntah juga,” dia malah menjawab, “Ngga apa bu,” “Emang siapa di sekolah bilang boleh makannya begitu?” “Iya, ustadzah bilang makan boleh sambil lompat-lompat.” 

Saya cuma bisa tertawa dengar alasan si sulung, rupanya dia masih ingin bermain. Nak, bantu ibu ya biar terus sabar setiap waktu dan bisa menjadi teman yang baik untukmu, Ibu senang dengar celotehanmu yang lucu dan polos. Alhamdulillah saya masih diberi kesempatan dan peluang untuk belajar sabar. Sabar menghadapi setiap pertanyaan-pertanyaan unik dari si kakak yang kadang ngga ada habisnya. Dan menunjukkan kalau kakak mulai bisa diajak berkomunikasi dengan baik. Kakak mulai kritis, kakak ingin tahu. Tinggal saya sebagai ibu yang harus siap dan berusaha terus ada jika kamu banyak bertanya. Kunci berkomunikasi dengan anak adalah, sediakan waktu untuknya karena anak berkomunikasi itu tidak kenal waktu, perhatikan dia, jangan lelah bersabar. Sabar dan sabar. Saya pun masih terus belajar menjadi Ibu yang sabar. 

Ps. Dalam tulisan ini memang sengaja banyak menulis kata sabar, agar saya termotivasi untuk bersabar, yang sabar ya bacanya. 

#Tantangan10hari #hari10 #komunikasiproduktif #kelasbunsayIIP 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s