Posted in Bunda Sayang, IIP, Komunikasi Produktif

Aliran Rasa : Komunikasi Produktif

Bismillah,

Setelah 10 hari menjalani tantangan komunikasi produktif, beberapa hal dalam cara berkomunikasi pun berubah. Terutama berkomunikasi dengan pasangan. 

Berkomunikasi, sebuah ilmu yang bisa dibilang terlihat mudah namun terkadang susah dilakukan, apalagi sebagai perempuan dan kebiasaan budaya tidak enakan. Pasti akan menimbulkan kesalahpahaman. Setelah mengikuti tantangan komunikasi produktif, ternyata timbul banyak topik-topik yang perlu dibicarakan dengan pasangan, terlebih saya dan pasangan tipe yang jarang berkomunikasi panjang lebar. Bertepatan dengan tantangan dan suami sedang di rumah, kami menghabiskan banyak waktu untuk berbicara masalah keluarga. 

Dulu mungkin saya tipe yang cuek, sekarang mulai mengutarakan pendapat dan tidak membiarkan masalah berlarut-larut. Dari tantangan ini saya belajar. Memberanikan diri untuk memulai sebuah topik itu penuh tantangan, ada kalanya ketidakenakan menjadi kendala besar dalam berkomunikasi. Pun, mertua saya juga selalu menasehati, jika ada yang mengganjal lebih baik dibicarakan, dikomunikasikan agar mendapatkan solusi. Benar, kendala dalam diri saya adalah masih merasa tidak enakan. Ketidakenakan itu biasanya berasal dari Frame of Reference (FoR) dan Frame of Experience (FoE) yang berbeda dengan cara pandang kita sehingga belum siapnya mental dalam memulai komunikasi. Hal ini sampai sekarang saya terus pelajari, dan cara mengolah kata yang baik untuk berkomunikasi. 

Tentu, tantangan komunikasi produktif, tidak berakhir di sini saja. Tapi harus terus dipraktikkan dan terus dicoba. Saya menggunakan cara Clear dan Clarify ketika menghadapi masalah dengan suami, alhamdulillah kami bisa menyelesaikan secara baik dan dewasa. Semoga kedepannya bisa berkomunikasi lebih baik lagi. Dan terus bisa mengamalkan ilmu yang saya peroleh dari kelas Bunda Sayang. 

Leave a Reply

