Posted in Bunda Sayang, Challenge, IIP, Melatih Kemandirian

#Tantangan10hari level 2: Melatih Kemandirian Anak Day 1

Bismillah, 

Awalnya sempat bingung mau nulis bagian mana dulu, mengingat program ini 10 hari saja. Dan harus menempuh 4 minggu untuk menyelesaikan semua tantangan. Baik mungkin agak lompat-lompat tantangannya. Dan tidak berurutan. Pertama kita bahas si Kakak. 

Dalam minggu ini saya melatih dia bangun tanpa menangis. Sepele memang tapi ini proses, karena dia terbiasa melihat Ibu ketika bangun tidur. Dan ini terkadang membuat saya menjadi kurang nyaman mendengar tangisannya. Pelan-pelan semua bisa berjalan. Walaupun perkembangannya belum terlalu banyak. Dan dalam minggu ini masih belum banyak berkembangnya. Semoga dengan pembiasaan si Kakak pelan-pelan bisa bangun tidur tanpa menangis lagi. Untuk aspek lainnya dalam kemandirian yang saya tes kepada kakak sudah mulai berkembang dengan baik. Melatih kemandirian ini memang bisa sekaligus melatih kematangan pribadinya. 

Untuk adik, dalam minggu ini sedang saya latih agar tidak merasa separation anxiety, dengan trik menggunakan high chair atau stroller, Alhamdulillah cara ini berhasil dan perkembangannya cukup baik. Ini tentunya akan memudahkan saya untuk mengerjakan banyak hal di rumah. Apalagi jika saya tidak bisa meminta bantuan. Saya lebih suka menggunakan high chair karena ringkes dan tidak makan banyak tempat. 

Sekarang adik pun sudah mulai berkurang mengalami separation anxiety. Kunci bisa melewati masa ini paling mudah adalah :

  • Tetap bersuara jika meninggalkan di tempat yang masih bisa dijangkau anak.
  • Jika ingin meninggalkan untuk waktu lama, saat berpamitan jangan mengecek berkali-kali, cukup sekali, tinggalkan. 
  • Tempatkan pada area di dekat Ibu jika Ibu beraktifitas, agar bisa disambi dan tidak menggendongnya, menggendong itu baik, namun dalam waktu tertentu tidak di sarankan, seperti memasak. 

Semoga latihan kemandirian ini bisa saya lewati, untuk membuat anak menjadi mandiri dan mampu bekerja sama dengan Ibunya di rumah tanpa Ayah. 

#Tantangan10hari #Latihankemandirian #KuliahBunSayIIP

Leave a Reply

