Posted in Bunda Sayang, Challenge, IIP, Melatih Kemandirian

#Tantangan10hari level 2: Melatih Kemandirian Day 2

Bismillah, memasuki hari kedua dalam melatih kemandirian, dalam urusan anak, memang banyak sekali yang harus dilatih, dan salah satu latihan yang memerlukan kesiapan dari anaknya adalah toilet training. 

Anak sudah siap jika, dia mulai terbiasa. Dan saat ini saya mulaikan pembiasaan terhadap keduanya. Sesi minggu ini adalah pembiasaan kata-kata dan latihan bilas untuk kakak. Dan adik pembiasaan pengenalan toilet. 

Pertama membahas kakak, dalam hal pup, kakak mulai terbiasa bilang semenjak usia 1.5 tahun, saat itu rajin sekali dia memberikan laporan kepada Ibu. Namun seiring waktu karena saat itu saya juga hamil besar si adik, ada beberapa kali pengabaian karena saya lepas handle. Jadi lumayan berdampak sampai sekarang, kadang bilang kadang ngga. Tapi yang rutin adalah ketika pagi, karena bisa sambil mandi. Dan akhirnya dalam kesempatan sesi kelas Bunda Sayang ini saya mengulang kembali agar kakak siap untuk kembali berkata-kata. 

Dan suami saya juga sudah mulai mendelegasikan saya untuk melatih toilet training, sebenarnya saya mau banget tapi karena ada kendala, alias takut membuat rumah mertua jadi najis, saya jadi agak ragu-ragu. Pelan-pelan saja. Selain toilet training, sesi pup. Saya juga mempraktekkan cara bilas, karena kakak sudah mau 3 tahun. Jadi dia harus membilas sendiri setelah pup. Ini masuk hari ketiga untuk pembiasaan membilas sendiri. Dan saya hanya mendampingi dan memantau.

Selain itu, kakak juga sudah mulai mandiri dalam hal mengganti baju, melepas maupun memasangnya. Saya mulai pelan-pelan juga untuk membiasakan ini agar dia juga bisa melatih motorik halusnya. Dan untuk adik juga sedang tahap pengenalan toilet training, pup dan bilas di toilet. Alhamdulillah jika anak kedua memang malah lebih mudah melakukan pembiasaannya. Tinggal Ibunya yang harus bisa konsisten. 

#Tantangan10hari #MelatihKemandirian #KuliahBunSayIIP

Leave a Reply

