Posted in Bunda Sayang, Challenge, IIP, Proyek Keluarga

Berkunjung ke Rumah Sakit  

#Tantangan10hari level 3 : Proyek Keluarga
Memasuki level ketiga dalam tantangan 10 hari kali ini bertemu dengan sesuatu yang berbeda. Yaitu membuat proyek keluarga. Awalnya agak bingung, ternyata bisa juga melewati hari pertama. 

Di hari ini bertepatan dengan tangan saya yang cedera, akhirnya malam sebelumnya dapat ide untuk mengajak anak ikut berkunjung ke rumah sakit. Ini dia ringkasan hasil kunjungan ke Rumah Sakit pada hari ini. 

Nama Proyek : Menemani Ibu Ke Rumah Sakit

Gagasan : Di karenakan tangan sebelah kanan Ibu cedera karena benturan benda tumpul, akhirnya tangan Ibu tidak bisa diluruskan, dan Ibu harus memeriksakan ke dokter. Malam hari sebelum esok pagi ke dokter, Ibu meminta kakak menemani Ibu. Kakak setuju, dan adik juga dipesani agar di rumah menjadi adik yang baik dan bisa kerjasama dengan Mbah Uti. 

Pelaksanaan : Kamis, 23 maret. Jam 8 pagi hingga selesai. 

Di rumah sakit kakak dapat bekerjasama dengan baik. Kakak mengikuti setiap langkah Ibu dan tidak rewel, sesekali bermain bersama, tidak lupa Ibu membawa bekal pisang, susu dan air putih. Di sana kakak mengamati kegiatan yang ada di sekitar ruang tunggu, bercengkrama dengan dokter walau masih malu-malu awalnya. Dan mendapat hadiah pisang juga dari pak Dokter. Menunggu Ibu terapi sambil bermain di ruangan fisioterapi. Sesekali bercerita dan mau diajak berkenalan dengan terapisnya. Kakak yang tadinya malu-malu baru bisa cair setelah 30 menit. Saat menunggu Ibu terapi, kakak bermain sendiri dengan alat-alat aman untuk dimainkan yang ada di ruangan terapi, memakan bekal pisang dan membuang sampah pada tempatnya dengan arahan Ibu melalui suara. Selama berada di Rumah Sakit kakak menjadi mandiri dan memahami keadaan Ibunya yang sedang di terapi. 

Evaluasi : Ibu harus lebih siap lagi dengan perbekalan jika mengajak kakak. Dan Ibu harus mengajarkan kembali bagaimana jika bertemu orang asing, menyapa dan memberi salam. Kakak masih malu-malu, tetapi sudah tidak takut dengan rumah sakit. Dan mendapat kesan jika dokter itu orang yang baik dan ramah. Dan kakak tidak takut. 

Sebagai reward karena kakak sudah berbaik hati menemani Ibu akhirnya Ibu ajak makan di luar dan bermain. 

#Tantangan10hari #level3 #ProyekKeluarga #KuliahBunSayIIP

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s