Posted in Bunda Sayang, Challenge, For Things To Change, I Must Change First, IIP

Pohon Literasi

Bismillah, 

Dalam rangka tantangan kelas Bunsay level 5 ini dan seperti post sebelumnya. Akhirnya proses pembuatan ‘pohon literasi’ kami sudah siap. 

Ya, seperti yang saya post kemarin, mengambil tema dari buku anak yang populer, yaitu very hungry caterpillar, akhirnya ulat bulu kami mulai siap melahap buku-buku bersama. Kenapa harus VHC? Karena buku ini punya filosofi yang sangat dalam tentang metamorfosis, bagaimana si ulat bulu ini yang awalnya hanya sebuah telur di atas daun lalu menjadi ulat bulu yang kelaparan. Sama seperti saya dan anak-anak yang sama-sama kelaparan ilmu, saya belajar menghadapi anak-anak dan anak-anak sedang dalam masa ingin tahu yang tinggi. Disitulah peran membaca bertindak. 

Untuk anak pertama yang saat ini berusia 2 tahun 11 bulan, sedari bayi sudah mulai saya kenalkan buku sebagai quite time, dan mungkin dahulu aktifitas tak sepadat setelah beranak dua, saya bisa membangkitkan antusiasnya terhadap buku hingga saat ini. Tantangan saya kali ini adalah mengenalkan buku kepada adik. Karena belum bangkit antusiasnya saat saya berdongeng. Karena adik tipe anak yang mandiri, dia suka bermain sendiri maksudnya. Mungkin lewat tantangan ini pelan-pelan bisa membangkitkan minat dia terhadap buku. Saya pun pelan-pelan mulai memberikan softbook untuk dia bermain. Semoga kalian berdua cinta buku ya nak. 

Dengan adanya tantangan membuat pohon literasi ini pun akhirnya saya mulai perlahan-lahan membuat reading list lagi, Alhamdulillah beberapa bulan ini saya kembali rutin belanja buku kembali setelah vakum cukup lama. Dengan cara menjual buku, akhirnya saya juga bisa membeli buku bacaan juga. Hehehe. Saya biasa membeli buku dalam bahasa Inggris untuk membiasakan diri saja agar tidak luntur ilmu yang pernah saya pelajari dahulu. 

Baiklah perlahan mulai membuat reading list yang akan dipos di edisi berikutnya. Kira-kira buku apa saja ya? Sampai jumpa besok. 

#GameLevel5 #Tantangan10Hari #KuliahBunsayIIP #ForThingstoChangeIMustChangeFirst

Leave a Reply

