Posted in Bunda Sayang, Challenge, For Things To Change, I Must Change First, IIP

Bedtime, Storytime For Kiddos


Bismillah,

Setelah curhat cantik dengan teteh fasilitator kelas BunSay, akhirnya mendapatkan waktu yang pas untuk memberikan bacaan terbaik untuk anak. Memang dalam seminar parenting yang pernah saya ikuti di Kelompok Bermain anak saya, ada tiga waktu yang tepat untuk memasukkan konsep kepada anak, dan ini yang menjadi patokan saya juga, yaitu, saat makan, menjelang tidur dan berpergian. Kali ini berhubungan dengan membaca buku. Ternyata membuat anak antusias dengan buku menjadi sebuah tantangan tersendiri. 

Masih dalam rangka membangkitkan minat adik menyukai buku, saya mendapatkan beberapa masukan dari teh Thasya. Yaitu meniru pendongeng yang kece, ceileh, yaitu dengan cara read aloud, full ekspresi, dengan suara yang berganti-ganti, untungnya saya mantan pemain teater waktu sekolah dan pernah menjadi penyiar radio. Alhamdulillah ilmunya masih terpakai juga setelah menjadi Ibu Rumah Tangga. Yup, sesuai dengan jalannya kelas Ibu Profesional, menjadi Ibu Rumah Tangga yang Profesional. 

Day 1

Hari pertama mempraktekkan tahapan magical stage, yaitu menciptakan suasana ajaib yang mengajak anak tertarik dengan buku, foto ini diambil ketika anak mulai riyep-riyep alias ngantuk, eeeh saat itu dia malah tertarik dengan isi buku. Alhasil si kakak yang tertidur, hehehe… Lalu si adek yang matanya masih terang benderang saya ajak kembali berkenalan dengan board book, saya ajak bolak balik halamannya. Sambil cerita dengan sedikit rhyme ngarang sendiri. Alhamdulillah berhasil. Paling ngga dihari pertama tantangan memperkenalkan adik kepada buku, adik mulai suka menyentuh buku, itu sudah peningkatan loh, ketimbang kemarin mencoba pakai softbook malah mlipir dan ngacir tanpa permisi. 

Sebenarnya cara ini dulu saya kenalkan kepada kakak semenjak dia berusia kira-kira 6-7 bulan, masih dini, kala itu lagi hits softbook alias buku bantal, akhirnya berhasil untuk mengisi waktu tenang di siang hari. Dan terasa sekali dengan adanya waktu tenang ini, terlebih menjelang tidur malam. Harapan saya kedepannya, semoga bisa mendisplinkan anak-anak kembali dalam menjaga waktu bercengkerama dengan buku agar mereka mencintai buku.

#GameLevel5 #Tantangan10Hari #KuliahBunsayIIP #ForThingstoChangeIMustChangeFirst

Leave a Reply

