Posted in Bunda Sayang, Challenge, For Things To Change, I Must Change First, IIP

Memilih buku bacaan untuk si kecil

Bismillah, 

Memasuki tantangan hari keempat kali ini, saya ingin menceritakan pengalaman saya dalam memilih buku untuk si kecil sesuai tahapan usianya. Saya dan suami memang memiliki perbedaan dalam membelanjakan buku. Kalau suami memang kurang antusias dalam segi kuantitas tapi dia lebih suka membelikan berdasarkan kualitas buku, maksudnya adalah cocok tidaknya buku itu dibacakan untuk usia sekian dan sekian. Kalau saya sendiri, suka sekali berbelanja buku. Tentu saja menyesuaikan budget juga. Tulisan ini juga berdasarkan pengalaman keluarga kami. Kenapa suami belum mau membelikan buku yang berisi banyak seri? Alasannya mungkin karena takut tidak ada waktu untuk membacakannya ke anak-anak, dan anak-anak tidak terlalu tertarik dengan cerita yang narasinya kepanjangan. 

Kalau untuk saya sendiri, saya tidak ada masalah dalam berbelanja buku, malah saya suka mengoleksi yang berseri. Karena sudah ada tokoh yang familiar bagi anak. Memang Ibu harus ada effort lebih lagi agak bisa mengoleksi buku. Hihihi. Dalam rangka membuat mini library di rumah, semoga bisa terwujud. Saya sendiri juga mulai kembali mengoleksi bacaan klasik, seperti Pippi. Supaya kelak bisa dibaca anak ketika ia sudah bisa membaca. 

Untuk menumbuhkan minat baca kepada anak sendiri saya rasa memang harus membuat anak tertarik dahulu pada buku. Buku apa saja memang bisa, mulai dari boardbook sampai paperback. Sebenarnya ngga masalah. Mungkin isinya saja yang bisa dipilih-pilih. Karena anak kami bukan tipe anak yang saat ibunya membaca buku terus anaknya anteng, jadi kami memilih buku dengan narasi singkat tapi penuh ilustrasi. 

Contohnya buku Ensiklopedia cerdas, buku terjemahan asal Perancis ini saya rasa cocok dibaca usia 0-5 tahun. Range umurnya cukup lama. Karena narasinya singkat dan menimbulkan antusias kepada anak dan buku-buku lainnya yang berisi narasi singkat, apalagi untuk anak-anak yang belum bisa membaca. 

Kalau saya dan suami memilih buku cerita bebas dan beragam, tidak harus terpaku pada satu tema saja. Karena dunia anak sangat beragam dan agar imajinasinya bangkit. Untuk berdasarkan agama sendiri, kami juga mencari buku yang bercerita singkat dan mudah dipahami maksudnya. Dan penyampaian isi buku dipahami anak. Goalnya anak paham dan mencintai ibadah. Sayangnya untuk buku anak lokal sendiri masih sedikit penulis yang membuat narasi singkat namun jelas. Pernah saya membeli buku sirah tentang nabi Yunus as. Memang bukunya berbentuk mainan, sayang penjelasannya kurang mengena untuk yang kurang paham ceritanya. Itulah yang menjadi dasar saya memilah milih bacaan untuk anak. Kira-kira kesimpulan saya begini. 

  1.  Narasi singkat dan jelas, namun bisa dipahami oleh orangtua dan anak
  2. Ilustrasi menarik
  3. Menyesuaikan budget yang dimiliki, jangan memaksa jika belum mampu membeli
  4. Membeli buku second bisa menjadi alternatif
  5. Sesuaikan age range (umur anak)
  6. Jangan lupa, bacakan bukunya. 

Saya sendiri memang terkadang suka membelikan buku impor, tetapi saat menceritakan tetap dengan bahasa Ibu, karena untuk segi bacaan memang mudah dipahami dan cerita mudah dicerna untuk balita. Semoga kedepannya banyak muncul pengarang-pengarang Indonesia yang menulis buku dengan narasi singkat juga, serta minat baca di Indonesia juga melonjak tajam. Alhamdulillah kegiatan belanja buku anak juga sudah direstui dengan mertua, malah sangat mendukung agar menciptakan suasana membaca di dalam rumah. Selamat membaca. 
#GameLevel5  #Tantangan10Hari #KuliahBunsayIIP #ForThingstoChangeIMustChangeFirst

Leave a Reply

